Binus Alam Sutera

Binus Alam Sutera

Sunday, May 31, 2015

CB2:Kewarganegaraan Project part 4 - Mathematic Thursday shift 2 (13.00 - 13.45)

Nama : Christian Gunawan
NIM : 1801384174
Hari/Tanggal : Kamis, 28 May 2015, Shift 2 (13.00 - 13.45)

Kegiatan yang dilakukan :

Pada shift kedua hari kamis ini, kami masih melanjutkan materi dari shift sebelumnya, namun kali ini diperdalam lagi hingga dapat disesuaikan dengan materi kelas 5 SD yang akhir - akhir ini diajarkan pada pembelajaran sebelumnya. Setelah murid - murid selesai mengerjakan kertas soal yang kami berikan, lalu para murid kami tuntun dengan pembahasan dari masing - masing soal, sehingga mereka dapat mengerti soal - soal yang mereka belum terlalu pahami. Salah satu yang tersusah adalah soal yang mengenai skala jarak pada peta dan jarak sesungguhnya.

Kemudian seperti yang kami janjikan sebelumnya, 3 murid pertama yang dapat mengerjakan soal paling cepat dan seluruh jawabannya benar, akan kami berikan 3 hadiah pertama yang telah disiapkan oleh salah satu teman kami. Hal tersebut ditujukan untuk memacu pembelajaran mereka. Salah satu yang mendapatkan hadiah tersebut adalah Kareem, seorang murid cerdas yang selalu meraih salah satu peringkat tertinggi dikelasnya.

Setelah pembelajaran dan pembahasan telah usai, tidak lupa kami membantu murid - murid yang mendapatkan jadwal piket pada hari tersebut. Dan akhirnya kami semua baru selesai melakukan bersih - bersih pada jam 2 lewat. Sungguh besar semangat mereka belajar sampai rela pulang lebih lama 2 jam dari jam sekolah biasanya.

Sebelum kami pulang, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan kepada Pak Wanta yang sudah mengizinkan kami untuk mengajar mereka walaupun hanya untuk sebentar saja. tidak lupa kami juga mendokumentasikan foto kami dengan beberapa murid beserta Pak Wanta. Dan akhirnya selesailah proses pengajaran project kami.
















Materi yang diajarkan :

Di shift terakhir kami, kami memberikan materi yang lebih diperdalam lagi, yaitu soal - soal tentang cara menggambar bangun ruang balok, menghitung volume balok, penjumlahan pengurangan pecahan desimal, cara menggambar lingkaran dan sifat - sifatnya, kemudian menghitung luas lingkaran tersebut. Lalu dilanjutkan dengan pembahasan dari masing - masing soal agar mereka lebih mengerti lagi, dan kami ajarkan cara yang lebih cepat dari metode biasa yang mereka pakai sebelumnya agar dikemudian hari mereka dapat mengerjakan soal dengan lebih efisien.













Pengalaman berkesan :

Pengalaman berkesan yang saya dapatkan dari seluruh kegiatan project ini adalah, meskipun mereka memiliki keterbatasan materi dan lingkungan yang kurang baik, mereka tetap ingin belajar lebih lagi. Hal tersebut merupakan contoh yang sangat baik. Kemudian saat kami mengucapkan salam terakhir kali pada murid - murid kami, mereka tetap mengharapkan kami untuk datang kembali suatu saat dikemudian hari, untuk mengajar mereka lagi. Kami pun kemudian berencana untuk kembali mengunjungi mereka suatu saat nanti.

No comments:

Post a Comment