Binus Alam Sutera

Binus Alam Sutera

Sunday, May 31, 2015

CB2:Kewarganegaraan Project part 3 - Mathematic Thursday shift 1 (12.20 - 13.00)

Nama : Christian Gunawan
NIM : 1801384174
Hari/Tanggal : Kamis, 28 May 2015, Shift 1 (12.20 - 13.00)

Kegiatan yang dilakukan :

Pada hari kamis ini, kami mengambil shift pertama yang dimulai setelah pulang sekolah jam 12 hingga jam 1 siang. Hal ini ditujukan agar kami tidak menganggu jam pelajaran sekolah, dan memberikan pengetahuan lebih diluar jam pelajaran. Meskipun setelah jam pulang sekolah, murid - murid tetap menunggu kedatangan kami, dan mereka rela menghabiskan waktu bersama kami untuk belajar lebih dalam lagi di pelajaran matematika. Sebelum kami masuk kekelas, tidak lupa kami menyapa guru - guru dan kepala sekolah yang sedang berada di ruang guru. Dan setelah itu baru kami bertemu dengan Pak Wanta yang sedang mengajar di kelas 2 SD, untuk kemudian mengantarkan kami lagi ke kelas 5.

Kemudian kami memulai pembelajaran, kali ini kami sudah mempersiapkan kertas berisikan soal - soal. Materi perkalian dirasa perlu diberikan karena pada pembelajaran sebelumnya, masih ada beberapa anak yang masih belum dapat menguasai materi perkalian dan pembagian tersebut. Tidak hanya itu, kami memberikan sejumlah hadiah berupa Botol minum / Tempat makanan yang telah disediakan oleh salah satu teman kami, Helena. Hal ini untuk memancing niat belajar murid agar mereka cepat dan lebih terdorong untuk menyelesaikan soal - soal yang kami berikan.

Materi yang diajarkan :

5 soal pertama yang diberikan adalah tentang materi dari penjumlahan / pengubahan pecahan, lalu perkalian 2 pecahan desimal, penjumlahan pecahan desimal, soal cerita tentang perkalian dan penjumlahan, dan ukuran jarak peta dengan jarak sesungguhnya.

Sejumlah materi yang diberikan adalah materi dasar, yang dirasa diperlukan oleh murid - murid berdasarkan hasil ambil nilai pada pembelajaran sebelumnya, beberapa anak masih belum dapat menguasai materi perkalian dan pembagian. Sehingga kami memutuskan untuk mengajarkan materi dasar untuk memperkuat fondasi / dasar mereka yang akan berguna sampai nanti dewasa dikemudian hari.
















Pengalaman berkesan

Pengalaman berkesan hari ini adalah meskipun mereka sudah pulang sekolah, dan seharusnya boleh pulang cepat, ternyata tidak ada satupun dari mereka yang pulang terlebih dahulu, bahkan mereka menyisakan waktunya untuk belajar lebih lagi bersama kami. Hal seperti ini sudah jarang ditemukan bila dikota besar / di sekolah - sekolah swasta lainnya. Menurut saya hal - hal kecil seperti ini haruslah dijaga, dan pasti akan berguna di suatu hari nanti.

No comments:

Post a Comment