Binus Alam Sutera

Binus Alam Sutera

Saturday, May 30, 2015

CB2:Kewarganegaraan Project part 1 - Mathematic shift 1 (10.45 - 11.25)

Nama : Christian Gunawan
NIM : 1801384174
Hari/Tanggal : Selasa, 26 May 2015, Shift 1 (10.45 - 11.25)

Pada kesempatan yang diberikan oleh program CB2:Kewarganegaraan kali ini, kami berlima melakukan kegiatan belajar-mengajar untuk Sekolah Dasar kelas 5 di SDN Panunggangan 11 yang terletak tidak jauh dari BINUS, tepatnya terletak di Jl. Kyai Maja, Kota Tangerang, Kota Tgr., Indonesia 15143.

Meskipun sekolah ini terletak tidak jauh dari Alam Sutera yang berupa daerah penuh mewah, tetapi bila kita pergi keluar wilayah Alam Sutera sedikit saja, kita sudah dapat menemukan pemukiman yang masih dapat dibilang sederhana, contohnya adalah sekolah gratis dimana kami mengajar. Sebelumnya sekolah ini adalah sekolah yang tidak gratis, namun ketika sekolah ini diubah menjadi sekolah gratis, kebersihan dan perawatan gedung pun lama - kelamaan terkikis oleh waktu.



Kegiatan yang dilakukan :

Pertama - tama kami menuju ke ruang kepala sekolah terlebih dahulu, untuk bertemu dengan salah satu guru yang mengajar di sekolah tersebut, yang sebelumnya sudah kami kontak, yaitu Pak Wanta. Kami ingin memastikan dan menyerahkan surat izin yang sudah disetujui oleh pihak Binus dan dosen mata kuliah CB2: Kewarganegaraan kami, Pak Dalmeri. Setelah itu kami semua di briefing terlebih dahulu oleh Pak Wanta, untuk bahan pelajaran pada hari tersebut, yaitu Matematika. Pak Wanta sangat menerima kami dengan baik dan tulus, sehingga beliau memperbolehkan kami mengajar tanpa adanya prosedur yang rumit.

Lalu kemudian kami diajak menuju ruang kelas 5 SD dimana kami akan mengajar. Anak - anak tampak bingung pada saat pertama kami memasuki ruangan kelas. Kemudian kamipun memperkenalkan diri kami terlebih dahulu sebelumnya, dan barulah setelah itu kami memulai kegiatan belajar - mengajar.

Materi yang diajarkan :

Pada shift kali ini, kami berlima mengajarkan salah satu materi bangun ruang, lebih spesifiknya, kami mengajarkan sifat - sifat bangun ruang tabung untuk dicatat pada buku catatan murid, setelah itu, memberikan beberapa pertanyaan tentang materi tersebut.



Pengalaman berkesan :

Pengalaman berkesan pada shift kali ini adalah pada saat kami memasuki ruangan kelas tersebut, kami mengira tadinya kami tidak akan terlalu diterima oleh murid - murid di sekolah ini, tetapi ternyata mereka sangat antusias dan menerima kami dengan baik.


No comments:

Post a Comment