Binus Alam Sutera

Binus Alam Sutera

Sunday, May 31, 2015

CB2:Kewarganegaraan Project part 2 - Mathematic shift 2 (11.25 - 12.05)

Nama : Christian Gunawan
NIM : 1801384174
Hari/Tanggal : Selasa, 26 May 2015, Shift 2 (11.25 - 12.05 [Pulang Sekolah])

Kegiatan yang dilakukan :

Pada shift kedua hari selasa ini, kami melanjutkan kegiatan belajar mengajar hingga nanti pulang sekolah. Murid - murid SDN Panunggangan 11 mulai terbiasa dengan cara mengajar kami, kami sebelumnya akan meminta murid untuk mencatat materi terlebih dahulu, lalu kami berlima akan berkeliling untuk membantu murid - murid yang kurang pandai menggambar bangun ruang, dan membantu mereka untuk mencatat agar pembelajaran lebih efisien.

Kemudian, setelah itu, kami akan memberikan beberapa soal latihan / soal materi yang sudah diberikan sebelumnya, agar mereka dapat mengingat dan mengetahui jenis - jenis soal. Dari hasil pembelajaran, kami menemukan ada beberapa murid yang pandai dan cepat mencerna materi dengan mudah, dan mereka sangat antusias dalam proses belajar mengajar dan ada juga beberapa murid yang masih dapat dibilang nakal dan jahil pada saat proses pembelajaran. Rata - rata dari mereka banyak yang masih belum menguasai teknik dasar perkalian dan pembagian sehingga proses pembelajaran tidak dapat dilakukan dengan cepat.

Setelah pembelajaran, lalu pulang sekolah, kami membantu murid - murid yang bertugas piket pada hari tersebut. Ruangan mereka sangat kotor dan kotoran dimana - mana. Mungkin ruangan tersebut sudah lama tidak dibersihkan oleh pihak sekolah, dan hanya mengandalkan piket dari murid - murid yang bertugas saja.












Materi yang diajarkan :

Pada shift kedua ini, materi yang kami ajarkan adalah sifat - sifat bangun ruang kerucut dan limas segi empat. setelah murid - murid selesai mencatat sifat - sifat materi yang kami berikan, kemudian kami melakukan beberapa tes soal dengan rumus dari bangun ruang tersebut, untuk melihat sejauh mana murid - murid sudah menangkap materi pelajaran ini. Kemudian sebelum pulang sekolah, kami berlima mengajukan 1 soal untuk diambil nilai, yaitu tentang volume bangun ruang kubus, materi kubus sangatlah mudah, karena hanya perkalian saja, tetapi meskipun begitu, masih banyak murid yang masih salah hitung, dan ada yang belum tahu rumus dari bangun ruang tersebut.


Pengalaman berkesan :

Pengalaman berkesan kali ini muncul saat selesai kegiatan sekolah, saya pribadi mengira kami akan langsung meninggalkan ruangan langsung, dan murid - murid pulang. Ternyata tidak, murid - murid diajarkan untuk selalu membersihkan kelas sebelum pulang sekolah agar kelas tidak terlalu kotor. Walaupun yang ditugaskan adalah mereka yang terdaftar pada jadwal piket saja, tetapi tentu saja hal ini adalah hal yang baik untuk menciptakan karakter murid - murid di kemudian hari, terutama saat sudah dewasa. Sungguh kebiasaan yang patut untuk ditiru bagi sekolah - sekolah lain.


No comments:

Post a Comment